Breaking News

Profil

seocips f G t
Hai, Nama saya Mufarizan saya lahir di kota
Selong-Mt.Baan S. Dsn. Lendang.
Saya Kuliah di STKIP HAMZANWADI Selong-P.FISIKA
ADD sosial Network saya.
Read More »

kalender

Powered by Calendar Labs

efek


goo..!!!

Monday, 7 November 2016

PROFOSAL KUB

PROFOSAL
“PERMOHONAN DANA”

  






OLEH:


KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) TARUNA
Dasan Lendang Desa Montong Baan Selatan Kecamatan Sikur   Kabupaten Lombok Timur Propinsi Nusa Tenggara Barat

Kode Pos 83662. Hp 085333984227





KARTU PELAJAR
KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) TARUNA
Dasan Lendang Desa Montong Baan Selatan Kecamatan Sikur   Kabupaten Lombok Timur Propinsi Nusa Tenggara Barat
Kode pos 83662. Hp 085333984227
No             : 02/KUBTARUNA/XIII/2015         
Lamp         : 1 (satu) Lampir
Hal             : Permohonan Bantuan Dana
   
    Kepada
          Yth. GUBERNUR NTB
                                                                                           
                  Di. MATARAM
                                                                                                  
        Assalamualaikum Wr.Wb
Mencari pekerjaan dimasa sekarang ini merupakan hal yang cukup sulit. Banyak sekali calon pekerja   yang berkeinginan untuk bekerja di instansi pemerintahan atau swasta, tetapi lapangan pekerjaan pada saat ini sangat terbatas, hal ini menyebabkan jumlah pengangguran semakin banyak. Oleh karena itu kita dituntut untuk mampu berfikir kreatif dan inovatif, mampu membaca peluang serta pandai memanfaatkannya.
Menyadari akan hal tersebut, kami dari persatuan pengurus Kelompok Usaha Bersama  saat ini sedang membangun usaha Budidaya Ayam Pedaging  karena kami melihat prospek usaha ini cukup menjanjikan dan bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi angka pengangguran. Hanya saja karena terbentur dengan minimnya dana menyebabkan lambatnya perkembangan dari usaha kami ini. Untuk itulah kami berharap melalui proposal permohonan dana ini, Bapak/Ibu/Saudara berkenan memberikan bantuan dana yang kami butuhkan.
Demikian surat permohonan ini kami buat, atas perhatian dan bantuan Bapak/Ibu/Saudara kami ucapkan terima kasih.                      
                                                                                          Dasan Lendang,   10 Agustus 2015
Ketua,




M. ALI
Sekertaris,




MUFARIZAN
Mengetahui,
Kepala Desa


LALU PUTRANOM
KARTU PELAJAR
KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) TARUNA
Dasan Lendang Desa Montong Baan Selatan Kecamatan Sikur   Kabupaten Lombok Timur Propinsi Nusa Tenggara Barat
Kode pos 83662. Hp 085333984227


KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) TARUNA

Pembimbing Remaja                 : AMIN SALEH. S.Sos, M.I.Kom
Ketua                                       : SYAWALUDIN
Sekretaris                                 : ARPAN
Bendahara                                : M. ALI
Penanggung jawab                    :MUFARIZAN
Seksi Marketing                        :MUHUR
Seksi perlengkapan                   :MUSTAFA ALI
                                                :ISMAIL
Seksi Pelaksana                        : MUHIR
                                                : MUNGGAH
                                                : TINA MARTINA


                                                                                         
Ketua,




M. ALI
Sekertaris,




MUFARIZAN
Mengetahui,
Kepala Desa


LALU PUTRANOM
I.                   PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
                Ayam pedaging merupakan salah saatu kebutuhab pangan yang sangat mendasar dikalngan masyarakat saat ini. Ayam pedaging sangat dibutuhkan terutama di pedesaan yang apabila melakukan kegiatan kekeluargaan pasti sangat membutuhkan ayam pedaging dengan jumlah yang sangat banyak. Itu dilihat dari kebutuhan sekali sekala, belum lagi pada kegiatan keseharian yang apabila akan melakukan acara makan atau konsumsi keseharian, rasanya tidak akan lengkap apabila tidak ada ayamnya.
            Ayam pedaging mempunyai gizi yang sangat baik dan lemak yang cukup untuk memenuhi bahan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, sehingga tak heran ketika seseorang seuka mengkonsumsi ayam pedaging maka tubuhnya akan menjadi sehat. Di samping itu, dari segi rasanya ayam pedaging memiliki rasa yang has, karena mempunyai tekstur daging yang lebih lembut jika di bandingkan dengan daging sapi dan daging unggas lainnya. Dilihat dari segi harganya, ayam pedaging juga terbilang murah karena perkilonya hanya berkisar Rp. 40.000 – 60.000 rata-ratanya. Sehingga tak heran jika masyarakat lebih memilih ayam pedaging daripada membeli dagin sapi.
Berawal dari kebutuhan masyarakat akan makanan yang bergizi dan mudah membuka peluang untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan makanan itu. Ayam sulit ditemukan di daerah pedesaan, kalau pun ada pastinya tidak akan bisa mencukupi kebutuhan.
B.     TUJUAN USAHA.
Ayam pedaging adalah salah satu jenis unggas yang diminati oleh banyak orang untuk dikonsumsi, budidaya ayam pedaging merupakan usaha yang menjanjikan karena mempunyai konsumen yang tergolong banyak. Sehingga peluang usaha terbuka lebar, terlepas dari itu budidaya ayam pedaging ini membutuhkan modal usaha, sehingga dengan pembuatan proposal  ini bermaksud untuk mengajukan pembiayaan modal sebesar Rp 31.460.000,- (tiga puluh satu juta empat ratus enam puluh riburupiah)  modal awal budidaya ayam pedaging  ini.
II.                GAMBARAN KEGIATAN USAHA
Teknik Budidaya Ayam Broiler
1.    Persiapan Kandang dan Peralatan
Ayam broiler pada umumnya dipelihara secara intensif yaitu ayam selalu dikandangkan.
Adapun syarat konstruksi  kandang yang baik adalah :
1.    Sirkulasi udara
Agar sirkulasi udara lancar, dinding kandang dapat terbuat dari papan, bilah bambu, dan ram kawat. dinding kandang tidak perlu rapat. Hal ini dimaksudkan untuk keleluasaan sirkulasi udara kandang.
2.    Arah kandang
Membujur timur-barat. Hal ini dimaksudkan agar tidak terlalu kepanasan, tetapi pagi hari masih dapat memperoleh sinar matahari.
3.    Tinggi tiang
Tinggi  tengah kandang  keatap minimal 3 meter dan tinggi  tiang tepi minimal 2 meter.
4.    Atap kandang
Atap kandang  dirancang sesuai dengan fungsinya yaitu melindungi bangunan beserta isinya dari hujan, panas matahari atau angin.
Pada kondisi iklim tropic seperti di Indonesia, akan lebih sesuai menggunakan type  kandang open house, dengan menggunakan system litter atau slat. Kandang dan peralatan harus dipersiapkan minimal 2 minggu sebelum DOC datang.
A.    Persiapan Kandang
Kegiatan usaha budi daya tidak terlepas dari kegiatan persiapan kandang. Baik buruknya dari persiapan kandang akan mempengaruhi  sukses  dan tidaknya dalam usaha budi daya ayam. Kandang yang digunakan untuk brooding, terutama untuk ayam broiler breeder, harus terisolasi dari kandang produksi. Tujuannya, melindungi DOC dari serangan penyakit.
Persiapan kandang melalui dua tahapan sebagai berikut.
1.    Mencuci dan Mensterilkan Kandang
Berikut ini beberapa langkah yang harus dikerjakan sebelum DOC diterima dan di pelihara.
-       Mengangkat atau menyingkirkan peralatan kandang.
-       Semua peralatan dibersihkan dan dicuci dengan air dan desinfektan,  kecuali alat pemanas yang cukup dilap dengan kain basah. Peralatan yang sudah bersih dan steril disimpan di tempat yang bersih.
-       Membersihkan semua kotoran dan barang yang tidak terpakai yang ada di dalam kandang dan di sekitar kandang.
-       Lantai kandang disapu sampai bersih.
-       layar penutup kandang atau tirai dipasang,
-       Rumput-rumput disekitar kandang dibersihkan.
-       Mencuci kandang dengan sprayer dimulai dari kandang bagian atas (atap kandang), dinding dan tirai/ layar kandang sampai  lantai kandang
-       Pencucian diulang dengan menambahkan detergen dengan perbandingan 1 kg detergen untuk 1.000 liter air, kemudian membilasnya lagi dengan air.
-       Pencucian diulang lagi dengan menggunakan disinfektan agar kandang steril. Sterilasi dilakukan keseluruh bagian kandang dan lingkungan sekitar kandang.
-       Membiarkan kandang selama 2-3 hari hingga bagian dalam dan sekitarnya kering. Kemudian penyemprotan disenfektan dilakukan lagi 1-2 hari sebelum DOC.
-       Menaburkan sekam dengan ketebalan sekitar 10 cm.

2.    Merangkai Indukan (Brooding).
-       Memasang lingkaran pelindung atau Chick Guard
Lingkaran pelindung bisa terbuat dari seng, layar, karung, triplek, atau boks bekas DOC. Namun, pelindung yang bagus terbuat dari seng. Chick Guard tergantung dari jumlahnya DOC. Kepadatan brooding adalah 40-50 ekor DOC per meter2.
-       Memasang tempat pakan dan tempat minum DOC
Tempat pakan yang dibutuhkan tergantung dari jumlah populasi DOC untuk setiap lingkaran pelindung . idealnya, satu tempat pakan digunakan oleh 50-100 ekor DOC, tergantung dari besar kecilnya tempat pakan. Sebagai patokan untuk diameter 40 cm dapat digunakan untuk  100 ekor DOC.
-       Meletakkan alat pemanas
Alat pemanas berupa gasolek ( gas infra red) dipasang di ketinggian 110-125 cm. panas yang dihasilkan dari gasolek bias diatur mengguanakan regulator yang ada di tabung gas. Pemakaian gasolek memiliki kelebihan, yaitu panas yang dihasilkan relative merata, stabil, dan tidak terpengaruh angin. Panas yang dikeluarkan berupa sinar merah (infra red) dan tidak berpolusi (tidak berasap).
-       Mempersiapkan kebutuhan sumber energy
Sumber energy dapat  berupa gas LPG, batu bara, listrik, atau minyak, sekam, kayu, gergaji. Hal ini tergantung dari jenis alat pemanas (brooder) yang akan digunakan.
-       Memasang tirai
Dikandang terbuka, hampir semua dinding kandang dipasangi tirai atau layar, kecuali seperempat bagian atasnya (20-30 cm). sebagian bagian tersebut tetap terbuka. Dikandang tertutup, semua bagian dinding dan atap kandang harus tertutup rapat.

          2.    Pemilihan dan Penanganan Bibit (DOC)
Mengingat tujuan pemeliharaan ayam pedaging adalah untuk memproduksi daging maka factor yang harus diperhatikan dalam menentukan bangsa ayam pedaging antara lain :
1. Sifat dan kualitas daging yang dihasilkan.
2. Laju pertumbuhan bobot badan selama pertumbuhan.
3. Konversi pakan.
4. Bebas kanibalisme.
5. Daya hidup tinggi.
6. Daya pembentukan karkas cepat.
7. Temperaman lamban.



Bibit yang baru tiba, dilakukan penanganan dimulai dari :
1.    Penimbangan.
Penimbangan bibit dilakukan untuk mengetahui rata-rata bobot DOC, DOC yang baik memiliki bobot rata-rata lebih dari 40 gram. Langkah dalam menimbang DOC dapat dilakukan dengan cara menimbang DOC dalam boks  dikurangi boks kosong kemudian dibagi dengan jumlah DOC dalam boks  tersebut, untuk lebioh jelasnya dapat dilihat rumus dibawah ini :
Berat Keseluruhan – Berat Box  = Rata-Rata DOC
               Jumlah DOC

2.    Seleksi  bibit.
Bibit yang bagus/unggul yaitu bibit yang dapat tumbuh dengan baik, tahan terhadap cuaca dan penyakit serta dapat mengkonvensi pakan dengan baik.
Ciri-ciri DOC yang berkualitas adalah sebagai berikut :
-       Bebas dari penyakit terutama pullorum, omphalitis, dan jamur.
-       DOC terlihat aktif.
-       Kakinya besar dan basah seperti berminyak.
-       Bulu cerah dan penuh.
-       Pantatnya tidak kotor atau tidak terdapat pasta putih.
-       Berat tidak kurang dari 40 gram (tergantung dari strain ayamnya).

3.    Pengontrolan  suhu brooding.
Pemanas  yang menggunakan batu bara pengontrolan suhu dilakukan selama 4 jam sekali dan menambah batu bara agar tetap hidup. Temperature yang diperlukan DOC bisa diukur menggunakan thermometer yang diletakkan sekitar 5 cm diatas permukaan sekam.







Tabel 1. Keperluan Temperature Untuk DOC.
Umur (hari)
Temperatur (˚C)
0 – 3
32 – 35
4 – 7
29 – 34
8 – 14
27 – 31
15 – 21
25 – 27

Mengontrol temperature kandang bisa dilakukan dengan cara memperhatikan tingkah laku DOC sebagai berikut :
1.  DOC menjauh dari pemanas, berarti temperature terlalu panas.
2.  DOC mendekati pemanas, berarti temperature terlalu dingin.
3.  DOC aktif dan menyebar , berarti temperature ideal.
4. DOC berada dalam satu sisi dan bergerombol, ada embusan angin yang masuk dari satu arah.

    3.    Pemberian Pakan dan Air Minum
Pakan merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan usaha. Dalam usaha ayam pedaging yang diharapkan oleh peternak adalah produksi yang optimal dengan efisien dalam penggunaan pakan. Kondisi ini bisa dicapai bila ayam yang dipelihara memperoleh bahan makanan dalam jumlah yang cukup, baik dari segi mutu ataupun jumlah.
Zat makanan yang dibutuhkan oleh ayam adalah : air, karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Jumlah air minum yang dibutuhkan oleh ayam dipengaruhi oleh suhu lingkungan. Pemberian air minum dilakukan secara adlibitum. Untuk menjaga kesehatan ayam air minum harus diganti setiap hari.


Pakan diberikan untuk ayam sesuai dengan umur ayam  dengan jenis pakan yang dapat dikelompokan yaitu :
·               Pakan starter :  ayam umur 0-4 minggu
·               Pakan finisher : ayam umur lebih dari 4 minggu

Kebutuhan pakan ayam pedaging dapat dilihat pada tabel berikut ini;
Tabel 2. Kebutuhan Pakan Ayam Pedaging
Umur Ayam
Kebutuhan pakan ( Kg/ ekor/ mg)
Minggu 1
0.14
Minggu 2
0.21
Minggu 3
0.34
Minggu 4
0.45
Minggu 5
0.53
Minggu 6
0.65
Minggu 7
0.76
Minggu 8
0.83
Sumber :  Manajemen Guide, 2003
               Pemberian air minum harus sejalan dengan program pemberian pakan. sehingga pemberian air harus seimbang dengan pemberian pakan karena kelebihan konsumsi air menyebabkan kotoran ayam sangat basah.
     


         4.    Penanganan Kesehatan
Untuk mengurangi kematian akibat penyakit sebaiknya dilakukan:
·               Pemberian vitamin anti stress
·               Vaksinasi tepat waktu
·               Pengaturan ventilasi kandang
·               Pengaturan litter harus baik (tidak boleh basah dan bau)
·               Dilakukan penyemprotan rutin dilingkungan sekitar kandang

Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam penanganan kesehatan diantaranya :

1.   Tindakan sanitasi secara teratur
Tindakan sanitasi dan biosecuriti juga mutlak dilakukan pada pemeliharaan ayam broiler karena dengan adanya sanitasi maka bibit penyakit yang berasal dari lingkungan kandang maupun di dalam kandang dapat kita amati.
Cara-cara melakukan sanitasi adalah:
·           Melakukan pencucian kandang dan peralatan kandang
dengan air sabun (detergen) dan antiseptik smara teratur,
·           Melakukan penyemprotan kandang dan peralabn
kandang dengan antiseptik secara teratur.
·           Melakukan penyemprobn terhadap orang maupun
kendaraan yang akan masuk kedalam lingkungan kandang.
·           Mengubur atau membakar ayam yang mati
2.   Vaksinasi
Vaksinasi merupakan salah satu cara yang paling sering digunakan untuk mencegah timbulnya penyakit disuatu kawasan peternakan ayam. Terdapat tiga  jenis vaksin pada ayam pedaging yang sering kita gunakan, seperti tertera pada tabel.
Table 3. Pemberian vaksin.
Vaksinasi Terhadap Penyakit
Cara Pemberian
Umur ayam
ND
Tetes mata/ hidung
Air minum
Suntikan
0-4 Hari
18 hari
4 hari
IBD/GUMBORO
Tetes
Mulut
Air Minum
12 hari
AI/ AVIAN INFLUENZA
Suntikan
7 hari
Agar vaksin yang kita lakukan dapat berhasil & dengan baik maka perlu diperhatikan hal-hal berikut :
·           Ayam yang divaksin harus dalam keadaan sehat (tidak sedang sakit).
·           Apabila pelaksaan vaksin melalui air minurn maka tempat minum harus dicuci baik-baik. Tetapi tidak diperkenankan menggunakan desinfektan, sabun dan jenis lain yang dapat membunuh virus atau bakteri.Air minum tidak mengandung chloor (kaporit), Ayam harus dipuasakan selama 2 jam dan dlusahakan
·           Bila vaksin dilakukan dengan suntikan maka harus dilakukan dengan hati- hati sebab dapat menimbulkan stress
·           Vaksin harus disimpan di tempat vaksin (box vaksin) dan diberi es batu.
·           Vaksin harus terhindar dari sinar matahari
·           Botol dan larutan sisa vaksin harus dimusnahkan dengan cara dikubur.
·           Sebelum dan sesudah vaksin sebaiknya diberi obat/ vitamin anti strees.
3.   Lingkungan kandang
Lingkungan dalam dan luar kandang harus dibersihkan termasuk rumput liar harus dipotong , serta air yang menggenang disekitar kandang harus dihilangkan.
4.   Menghindari strees
Stres adalah tekanan jiwa yang dapat menimpa ayam akibat pengaruh lingkungan itu berupa;
Suhu udara yang tidak stabil (terlalu)
Kepadatan ayam terlampau tinggi.
·           Kelembaban didalam kandang yang meningkat.
·           Akibat bunyi-bunyian keras yang rnengagetkan.
·           Pindah kandang.
Untuk itulah maka sedapat mungkin menghindarkan hal tersebut diatas. Stres dapat menganggu pertumbuhan
Ayam broiler karena dengan stres hidup ayam tidak nyaman, nafsumakan terganggu, metabolisme makanan terganggu sehingga hasil akhir yang diharapkan tidak tercapai.

       5.   Pencatatan/Recording
Pencatatan/Recording dalam usaha peternakan ayam pedaging/ broiler sangat diperlukan pencatatan ini bertujuan ;
1.    Untuk mengetahui tingkat keberhasilan atau kegagalan dalam usaha ternak ayam pedaging bai9k ditinjau dari segi tehnik maupun ekonomis
2.    Untuk memantau semua kegiatan dalam budidaya ayam pedaging
3.    Sebagai evaluasi dan tindak lanjut kegiatan budidaya pada periode berikut.
Pencatatan/recording perlu dilakukan setiap hari meliputi kematian ayam, penggunaan pakan, program pengobatan berat tubuh ayam, vaksinasi dan
pemberian vitamin. Hal ini perlu untuk mengetahui perkembangan pertumbuhan ayam serta untuk mengontrol performance ayam.
Dalam pencatatan / rekording ayam pedaging biasanya berisi :

1.    Nama perusahaan peternakan/ farm
2.    Nomor kandang
3.    Strain ayam
4.    Tanggal tetas
5.    Tanggal penerimaan
6.    Jumlah ayam
7.    Jumlah kematian ayam
8.    Pemberian pakan
9.    Vaksinasi( jenis, dosis dan cara)
10.  Obat- obat yang digunakan
11.  Bobot badan ayam
12.  Konversi pakan

     6.   Pemanenan
Apabila ayam telah mencapai bobot yang di inginkan maka ayam dapat dipanen/dipasarkan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemanenan adalah :
•      Penangkapan harus secara hati-hati tidak boleh terlalu kasar. Ini bertujuan untuk menghindari kerusakan pada ayam.
•      Sebaiknya dilakukan pada sore atau malam hari untuk menghindari stress.
•      Sediakan peraratan yaitu timbangan. Buku timbang dan tali rapia
•      Buat sekatan agar ayam mudah ditangkap.
•      Tangkap kaki ayam sebelah kemudian ikat dengan tali rapia dan gantung pada timbangan.
•      Catat berat ayam yang kita timbang
•      Masukkan ayam yang telah ditimbang kedalam kerambah
        3.    Pemasaran
Sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial (W. Y. Stanton).

3.1.   Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Strategi adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya. Sehingga dalam menjalankan usaha kecil khususnya diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasarannya. Karena pada saat kondisi kritis justru usaha kecillah yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat. Pemasaran dimulai dari menemukan apa yang diinginkan oleh konsumen Yang akhirnya pemasaran memiliki tujuan yaitu :
1.   Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
2.   Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
3.   Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.
Pada umumnya kegiatan pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis. Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut :
1.   Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2.   Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.
Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran dari sudut pandang penjual :
1.   Tempat yang strategis (place),
2.   Produk yang bermutu (product),
3.   Harga yang kompetitif (price), dan
4.   Promosi yang gencar (promotion).
Dari sudut pandang konsumen :
1.   Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
2.   Biaya konsumen (cost to the customer),
3.   Kenyamanan (convenience), dan
4.   Komunikasi (comunication).
Dari apa yang sudah dibahas di atas ada beberapa hal yang dapat disimpulkan, bahwa pembuatan produk atau jasa yang diinginkan oleh konsumen harus menjadi fokus kegiatan operasional maupun perencanaan suatu perusahaan. Pemasaran yang berkesinambungan harus adanya koordinasi yang baik dengan berbagai departemen (tidak hanya di bagian pemasaran saja), sehingga dapat menciptakan sinergi di dalam upaya melakukan kegiatan pemasaran.
3.2.   Konsep Pemasaran
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), Pengiriman barang (place), dan memperomosikan barang (promotion). Pandangan ahli ekonomi terhadap pemasaran adalah dalam menciptakan waktu tempat dimana produk diperlukan atau diinginkan lalu menyerahkan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen (konsep pemasaran).
1.   Produk (product)
Menentukan produk/jasa yang akan ditawarkan kepasar umumnya menjadi langkah paling awal. Ide mngenai produk bias didapatkan dan beberapa sumber, cara termudah adalah dengan membandingkan langsung produk sejenis seperti yang ingin dijual dan melakukan riset kecil-kecilan ketarget pasar mengenai kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut.
2.   Harga (price)
Menentukan harga produk tidak semudah yang dibayangkan. Sehingga muncul pertanyaan bagaimana harga produk atau jasa dapat diterima oleh pasar? Cara yang umum digunakan adalah dengan menggunakan ptokan hitungan biaya produk tersebut dari awal disiapkan hingga siap jual.


3.   Tempat/distribusi (place)
Mengenai produk tersebut yang akan ditawarkan tersebut mudah ditemukan oleh target pasar yang ditujupada beberapa industri. Misalnya ritel atau restoran masalah penempatan berarti sangat penting. Karena bisa jadi pemilihan lokasi tempat usaha yang buruk dapat berakibat langsung kepada kegagalan dari usaha yang dijalankan.
4.   Promosi (promotion)
Mengenai promosi dari produk, bagaimana suatu produk akan dikenalkan kepasar agar pelanggan tergerak untuk membelinya. Salah satu cara berpromosi tang efektif adalah dengan beriklan jika target pasar dri produk membutuhkan hal tersebut. Akan tetapi ;
Falsafah pemasaran menggunakan 5 konsep pemasaran untuk menjalankan pemasaran :
1.   Konsep Produksi
Konsumen akan menyukai produk-produk yang tersedia dan selaras dengan kemampuan, dan manajemen yang sebaiknya memusatkan perhatian pada peningkatan efesiensi produksi dan distribusi.
2.  Konsep Produk
Gagasan bahwa konsumen akan menyukai produk-produk yang menawarkan mutu, kinerja dan penampilan terbaik dan bahwa suatu organisasi sebaiknya mencurahkan tenaganya untuk melakukan perbaikan produk secara berkesinambungan.
3.  Konsep Penjualan
Konsumen tidak akan membeli cukup produk perusahaan, kecuali jika perusahaan tersebut melakukan upaya-upaya penjualan dan promosi yang gencar.
4.  Konsep Pemasaran
Pencapaian tujuan-tujuan organisasional bergantung pada penetapan kebutuhan dan keinginan dari pasar sasaran dan penyampaian kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan lebih efesien dibangdingkan dengan pesaing.
5.  Konsep Sosial (Kemasyarakatan).
Oraganisasi sebaiknya menetukan kebutuhan keinginan dan minat dari pasar sasaran dan mengirimkan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan lebih efesien dari pada pesaing sedemikian rupa sehingga mampu memelihara atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.






KARTU PELAJAR
KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) TARUNA
Dasan Lendang Desa Montong Baan Selatan Kecamatan Sikur   Kabupaten Lombok Timur Propinsi Nusa Tenggara Barat
Kode pos 83662. Hp 085333984227

RANCANGAN ANGGARAN BIAYA
Kandang yang akan di buat akan  berukuran 10 X 15 Meter

NO
Nama Bahan Dan Jumlah
Harga/Biji
Jumlah Harga
1
Bambu 250 Batang
Rp 5.000
Rp 1.250.000
2
Genteng 5000 Biji
Rp 1.500
Rp 7.500.000
3
Besi Paku 30 Kg
Rp 12.000
Rp 360.000
4
Pasir 4 DAM
Rp 600.000
Rp 240.000
5
Semen 40 Sak
Rp 70.000
Rp 2.800.000
6
Tempat Pakan 60 Biji
Rp 30.000
Rp 1.800.000
7
Tempat Minum 30 Biji
Rp 60.000
Rp 1.800.000
8
Gasolet 2 Biji
Rp 100.000
Rp 200.000
9
Sekop 2 Biji
Rp 60.000
Rp 120.000
10
Ember 5 Biji
Rp 30.000
Rp 150.000
11
Kabel 3 Rol
Rp 60.000
Rp 180.000
12
Lampu 10 Watt 8 Lamp
Rp 30.000
Rp 240.000
13
Saklar 5 Biji
Rp 20.000
Rp 100.000
14
Cok Lampu 6 Biji
Rp 5.000
Rp 30.000
15
Pipa Paralon 7 Biji
Rp 30.000
Rp 210.000
16
Keran Air  6 Biji
Rp 10.000
Rp 60.000
17
Bibit Ayam 1000 Ekor
Rp 10.000
Rp 10.000.000
18
Butiran Untuk 1 Bulan
Rp 1.000.000
Rp 1.000.000
19
Vaksin Untuk 1 Bulan
Rp 20.000
Rp 20.000
20
Vitamin Lainnya 1 Untuk Bulan
Rp 200.000
Rp 200.000
21
Biaya Listrik Untuk 1 Bulan
Rp 100.000
Rp 100.000
22
Biaya Tukang 3 orang
Rp 3.000.000
Rp 3.000.000
23
Air Untuk 1 Bulan
Rp 100.000
Rp 100.000
Jumlah
Rp 31.460.000

 Jadi jumlah modal awal untuk usaha budidaya Ayam pedaging ini adalah sebesar                Rp 31.460.000.
Analisis Pendapatan
Harga rata-rata ayam perkilogram adalah Rp 40.000/kg. Jika 2 ekor ayam memiliki berat rata-rata 3 kg, maka harga untuk  2 ekor ayam adalah Rp 120.000. Maka jika dalam 1000 ekor di kandang tumbuh  dan dipasarkan sebanyak rata-rata 950 ekor, maka pendapatan dalam sekali panen mencapai Rp 57.000.000
            Analisis Data
1 kg ayam = Rp 40.000
2 ekor ayam = 3 kg
1 kali panen = 950 ekor ayam

 

Mengetahui,
Ketua,


M. ALI
Bendahara,


TINA MARTINA


III.             KESIMPULAN
Dari hasil unit usaha budidaya ayam pedaging ini cukup menjanjikan. Selain dapat dijual secara mentah dapat diproduksi menjadi berbagai macam makanan cemilan dan lauk pauk yang bergizi, bahkan kotorannya bisa di manfaatkan sebagai pupuk dan memiliki nilai jual yang sangan menguntungkan.
IV.             PENUTUP
Demikian proposal ini kami susun, besar harapan kami usaha ini mendapatkan dukungan dari berbagai pihak khususnya dukungan permodalan, dengan harapan akan semakin membuka lapangan kerja bagi masyarakat banyak.
                                                                                                                                                                                                                                                      Dasan Lendang,   10 Agustus 2015
                                                                                         
Ketua,



M. ALI
Sekertaris,



MUFARIZAN
Mengetahui,
Kepala Desa


LALU PUTRANOM









KARTU PELAJAR
KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) TARUNA
Dasan Lendang Desa Montong Baan Selatan Kecamatan Sikur   Kabupaten Lombok Timur Propinsi Nusa Tenggara Barat
Kode pos 83662. Hp 085333984227
Kepada
Yth. GUBERNUR NTB
 Di. MATARAM
                                                           

SURAT PENGANTAR
02/KUBTARUNA/XIII/2015

NO
JENIS YANG DIKIRIM
JUMLAH
KETERANGAN
1
proposal permohonana dana usaha budi daya ayam pedaging Kelompok Usaha Bersama Dasan Lendang Desa Montong Baan Selatan Kecamatan Sikur NTB


1 (Satu) eksemplar
Dikirim dengan hormat agar menjadi pertimbangan
                                                                                                                                                                                                                                                      Dasan Lendang,   10 Agustus  2015
                                                                                           
                                                                                         
Ketua,




M. ALI
Sekertaris,




MUFARIZAN
Mengetahui,
Kepala Desa


LALU PUTRANOM

2 comments:

  1. Play online for free, with no deposit bonus codes
    No deposit bonuses. Casino games are a good way 오래된 토토 사이트 to enhance your 홀덤 용어 chances of getting free bonus money. And you can start winning 바카라 게임 with free spins and m bet365 other rewards. 온라인바카라

    ReplyDelete
  2. The casino with roulette machines | Vannienailor4166 Blog
    Casino roulette game is one of the mens titanium wedding bands most popular casino games in Malaysia. https://vannienailor4166blog.blogspot.com/ It offers the latest games with the sol.edu.kg best odds, with poormansguidetocasinogambling.com big payouts and easy

    ReplyDelete

Designed By VungTauZ.Com